faktor penyebab tekanan darah tinggi

menurunkan tekanan darah tinggi

FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Darah Tinggi

FAKTOR PENYEBAB DAN CARA MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Darah Tinggi

Darah Tinggi

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, bukanlah jenis penyakit baru. Hampir semua orang pernah tahu atau bahkan mengalaminya. Tetapi, berapa banyak yang tahu pasti apa yang menjadi faktor penyakit darah tinggi pada seseorang?

Berikut adalah faktor-faktor yang bisa meningkatkan resiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

  • Faktor keturunan
    Bukan hanya warna kulit, ciri fisik atau sifat yang bisa diwarisi dari orang tua kita. Ternyata, penyakit pun bisa. Jika salah satu, atau kedua orang tua Anda mengalami tekanan darah tinggi, kemungkinan Anda pun beresiko tinggi mengalaminya.
  • Usia
    Seiring bertambahnya usia, kita semua semakin beresiko menderita tekanan darah tinggi. Mengapa? Karena semakin kita bertambah tua, elastisitas pembuluh darah kita juga berkurang sehingga cenderung mengalami penyempitan pembuluh darah. Akibatnya, tekanan darah pun meningkat.
  • Gender
    Hingga usia 45, pria lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yang sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih beresiko.
  • Kurang gerak (Sedentary lifestyle)
    Biasanya, orang yang tinggal di kota besar cenderung memiliki gaya hidup kurang gerak. Bekerja di kantor, dan terus menerus duduk, ditambah lagi kurangnya olahraga, akan cenderung meningkatkan resiko penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah. Akibatnya adalah meningkatnya resiko darah tinggi.
  • Pola makan
    Kalau Anda suka makan makanan tinggi kalori, lemak, dan gula, mungkin sudah saatnya Anda menguranginya untuk mengurangi resiko terkena penyakit darah tinggi. Dan, ini juga adalah fakta umum yang diketahui hampir semua orang: kurangi makanan bergaram karena itu dapat menahan banyak cairan dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanannya.
  • Berat badan berlebih
    BMI (Indeks Massa Tubuh) bisa menjadi salah satu ukuran resiko. Jika BMI Anda 25 hingga 30, atau bahkan lebih, Anda terhitung kelebihan berat badan, dan lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi.
  • Kebiasaan minum minuman beralkohol
    Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah kolesterol yang jahat yang berpotensi menyebabkan tekanan darah meningkat.
  • Stres
    Stres dapat meningkatkan tekanah darah sewaktu. Hormon adrenalin akan meningkat sewaktu kita stres, dan itu bisa mengakibatkan jantung memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah pun meningkat. Selain itu, pada saat stres biasanya pilihan makanan kita kurang baik. Kita akan cenderung melahap apa pun untuk merilekskan diri, dan itu bisa berdampak secara tidak langsung pada tekanan darah kita.
  • Kondisi penyakit yang lain
    Menurut para ahli, gangguan kondisi kesehatan seperti Apnea tidur (Sleep Apnea) dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Orang yang mengalami gangguan ini sangat dianjurkan berkonsultasi dengan dokternya.

Banyak ahli kesehatan menganjurkan para penderita tekanan darah tinggi untuk mulai menyesuaikan gaya hidup mereka dan melakukan tindakan-tindakan pencegahan.

Salah satu tindakan pencegahan adalah merubah gaya hidup anda, jangan merokok, jangan minum minuman yang beralkohol, berolahraga, pola makan yang teratur dan menjaga berat badan yang ideal. Mengonsumsi bahan-bahan alami yang memiliki kandungan untuk mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan tekanan darah tinggi jika sudah terlanjur mengalaminya.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah dan Sayur

Buah dan Sayur

Cara efektif dan efisien Menurunkan Tekanan Darah Tinggi adalah mengkonsumsi jus : Mengonsumsi jus akan terasa efektif dan efisien bila menjadi bagian dari terapi nutrisi atau diet alami yang murni dan menyeluruh. Hal ini  dikarenakan tubuh tidak akan bertahan hanya dengan mengonsumsi cairan. Oleh karena itu, pengaturan pola makan sehari-hari yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan tubuh juga perlu diimbangi. Dengan demikian, mengonsumsi jus dapat berperan dalam pengendalian berbagai penyakit. Konsep menu seimbang dan beraneka ragam juga tetap harus dijalankan.

Waktu yang tepat mengonsumsi jus: Jus sebagai pencegah dan pengendalian berbagai penyakit hendaknya dikombinasikan dengan diet makanan bergizi. Mengonsumsi jus minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi dan siang hari. Jus hendaknya diminum sebelum makan agar zat-zat gizi dan non gizi yang terdapat di dalamnya bisa langsung diserap tubuh.

Buah dan sayuran untuk menurunkan tekanan darah tinggi antara lain apel, belimbing, kesemek, asparagus, belimbing wuluh, buncis, kapri manis, mentimun, selada (lettuce), seledri, dan wortel.

Mengonsumsi jus buah dan sayuran akan memberikan manfaat yang besar terhadap kesehatan. Dalam pembuatan jus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar jus yang dihasilkan memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa dalam terapi pencegahan dan pengobatan berbagai mecam penyakit. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan jus buah dan sayuran.

  • Buah dan sayuran harus segar
  • Bahan pangan yang segar masih mengandung zat gizi yang lengkap dibandingkan dengan bahan pangan yang telah dimasak. Bahan yang telah dimasak akan kehilangan 30-80% kandungan gizinya
  • Buah dan sayur matang optimal
  • Buah dan sayuran yang digunakan untuk membuat jus hendaknya mempunyai tingkat kematangan yang optimal, tetapi jangan sampai lewat matang.
  • Banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama buah belum matang. Misalnya, pisang mentah umumnya mempunyai kandungan karbohidrat dalam bentuk pati. Bila pisang telah matang, pati tersesbut akan berubah menjadi gula yang bisa langsung dimanfaatkan tubuh melalui terapi jus.
  • Buah dan sayuran dicuci terlebih dahulu
  • Buah dan sayuran yang akan digunakan untuk pembuatan jus harus dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayuran. Namun, perlu juga diperhatikan agar proses pemotongan dilakukan setelah pencucian, jangan sebaliknya.
  • Hal ini dimaksudkan agar zat-zat gizi, terutama vitamin larut air tidak ikut terbuang pada saat pencucian.
    Pemberian bahan tambahan
  • Jus bisa ditambahkan sirup atau madu. Namun, perlu diperhatikan agar penambahan sirup dan madu tidak dilakukan, terutama untuk terapi penyakit diabetes melitus.
  • Jus segera diminum setelah dibuat
  • Jus yang telah dibuat hendaknya langsung dikonsumsi. Hal ini untuk menghindari berkurangnya zat gizi yang terdapat dalam buah dan sayuran. Seperti diketahui, buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral, terutama vitamin C dan A. Jika dibiarkan terlalu lama, vitamin-vitamin tersebut akan teroksidasi dan akan berkurang keefektifannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman untuk mengetahui dan mencegah tekanan darah tinggi.

Baca artikel yang lain dalam kategori Kesehatan atau kembali ke halaman depan Firman-Tuhan(.org)

TERPOPULER dan TERBARU:
HAL YANG HARUS ANDA TAHU TENTANG TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI)
HAL YANG HARUS ANDA TAHU TENTANG TEKANAN DARAH TINGGI (HIPERTENSI) Kita sering mengabaikan ancaman tekanan darah tinggi. Padahal, hipertensi adalah pintu...
WASPADAI JANTUNG BERDEBAR
WASPADAI JANTUNG BERDEBAR Biasanya, jantung kita berdebar-debar jika ada sesuatu terjadi di luar kontrol kita, atau jika kita sedang gugup. Misalnya,...
9 GANGGUAN JANTUNG YANG WAJIB ANDA KETAHUI
9 GANGGUAN JANTUNG YANG WAJIB ANDA KETAHUI Penyakit jantung banyak sekali macamnya. Para penderitanya juga seringkali terkena lebih dari satu gangguan...
HIPOGLIKEMIA (PENURUNAN KADAR GULA DARAH)
HIPOGLIKEMIA (PENURUNAN KADAR GULA DARAH) Hipoglikemi adalah suatu  keadaan di mana kadar gula darah menjadi sangat rendah kurang dari 35-50 mg/dL (normal...
Akibat dan Bahaya Dari Rokok
Akibat dan Bahaya Dari Rokok Bahaya Rokok - Bahaya rokok dan dampak rokok bagi kesehatan memang sudah dicantumkan dalam bungkus rokok yang dijual dipasaran....
MAKANAN SEHAT UNTUK MENAMBAH TINGGI BADAN
MAKANAN SEHAT UNTUK MENAMBAH TINGGI BADAN Makanan penambah tinggi badan – Tumbuh tinggi dengan maksimal tentu adalah harapan yang di inginkan sebagian...
13 NUTRISI PENTING UNTUK CERDASKAN ANAK
13 NUTRISI PENTING UNTUK CERDASKAN ANAK Kecerdasan dipengaruhi faktor keturunan atau genetik dan faktor lingkungan termasuk asupan gizi. Seorang anak...
MENJAGA KESEHATAN KULIT
MENJAGA KESEHATAN KULIT Kulit merupakan bagian tubuh kita yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh, seperti misalnya cuaca, sinar matahari...
RENUNGAN PAGI “KABAR BAIK DARI PATMOS” – 9 MEI 2013
RENUNGAN PAGI “KABAR BAIK DARI PATMOS” - 9 MEI 2013 "Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah JIWA-JIWA...
PASANGAN YANG RAWAN PERTENGKARAN
PASANGAN YANG RAWAN PERTENGKARAN I Petrus3:9 “Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya,...
Nabi Yunus
INGIN SEKALI MENGAMPUNI (NABI YUNUS)
Pertengkaran
PASANGAN YANG RAWAN PERTENGKARAN