hari sabat

sabat

Bagian 2. Bukti Alkitab

Sebelumnya: Bagian 1: Asal-usul Hari Sabat

Bagian 2

BUKTI DARI ALKITAB, MUTLAK MENYATAKAN BAHWA SABTU ITU ADALAH HARI SABAT!

Baca halaman disclaimer kami klik disini.

Saat sekarang ini umat Kristen mengakui dan merayakan adanya JUMAT AGUNG (pada hari JUMAT) dan HARI PASKAH (pada hari Minggu).

Sekarang ini kita FOKUS pada 3 hari berikut: JUMAT, SABTU, dan MINGGU

HARI JUMAT/JUMAT AGUNG (HARI YESUS MATI) –> HARI SABTU –> HARI MINGGU/PASKAH (HARI YESUS BANGKIT)

Supaya memudahkan kita untuk mengerti, penjelasan berikut dibagi menjadi 3 bagian. Berikut penjelasannya:

Bagian I. “Hari persiapan” bagi bangsa Yahudi adalah hari sebelum sabat, YESUS disalibkan dan mati pada hari itu juga, yang sekarang dikenal dengan “JUMAT AGUNG”.

Baca Lukas 23:52-54, mengatakan demikian: “ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus, dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaniNYA dengan kain lenan, lalu membaringkanNYA di dalam kubur yang digali didalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat. HARI ITU ADALAH HARI PERSIAPAN DAN SABAT HAMPIR MULAI” (Ayat ini menandakan hari JUMAT)

Bagian II. Dalam Lukas 23:55-56 dijelaskan bahwa: “dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan YESUS dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan. DAN SETELAH PULANG, MEREKA MENYEDIAKAN REMPAH-REMPAH DAN MINYAK MUR…DAN PADA HARI SABAT MEREKA BERISTIRAHAT MENURUT HUKUM TAURAT.” (Ayat ini menandakan hari SABTU)

Sabat dimulai pada saat matahari terbenam pada hari JUMAT, dan berlangsung sampai matahari terbenam pada hari SABTU – lalu,

Bagian III. Pada pagi HARI MINGGU (hari pertama dalam pekan) didapati bahwa kubur itu sudah kosong dan YESUS sudah bangkit! Inilah hari yang kita kenal dengan sebutan HARI PASKAH…

Dalam Matius 28:1 mengatakan demikian: “setelah hari SABAT lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada HARI PERTAMA MINGGU ITU, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain menengok kubur itu…” (Ayat ini menandakan hari MINGGU adalah hari pertama).

Lihat gambar dibawah ini

Jumat-Sabtu-Minggu

Jumat-Sabtu-Minggu

Bersambung ke pembahasan bagian berikut.

Selanjutnya: Bagian 3. Yesus Berbakti Pada Hari Sabat